Minggu, 02 Februari 2014

STRATEGI MENGAJARKAN MATERI AJAR DI SDIT AL-MUSTANIR

1.    Dilihat dari sisi cara mengajarkan materi ajar, diambil strategi penyampaian materi yang EFEKTIF DAN MENYENANGKAN siswa, sehinggga beban materi yang banyak dan waktu sekolah yang lama akan terasa tidak menjadi beban, materi menjadi mudah dipahami dan siswa akan selalu semangat untuk belajar. Strategi tersebut  adalah sebagai berikut:
üStrategi mengajar Berbasis MULTIPLE INTELLIGENCES (Guru menggunakan strategi mengajar sesuai dengan jenis kecerdasan siswa). Pada saat masuk ke SDIT AL-MUSTANIR, tiap siswa akan dianalisa jenis kecerdasannya. Hasilnya akan diberikan kepada guru yang bersangkutan dan orangtua/walinya, sebagai bahan nantinya dalam menentukan strategi mengajar bagi mereka.
ü Dalam kegiatan belajar, guru selalu mengkondisikan otak siswa dalam wilayah frekwensi alfa (alfa zone, 8-12 hz) dengan tehnik dan cara tertentu.
ü Guru harus selalu melakukan apersepsi (alfa zone, warmer dan scene setting) sebelum menyampaikan materi pelajaran.
ü Guru selalu memperhatikan hal-hal yang bisa membuat nyaman otak reptil dan limbik, sehingga materi ajar yang diberikan akan maksimum sampai ke otak neokortek (sang pemikir).
ü Guru juga memperhatikan karakter dasar tiap siswa dalam memberikan motivasi kepada mereka. Bersamaan dengan test jenis kecerdasan siswa, juga dilakukan test karakter dasar siswa. Hasil dari test karakter ini juga diberikan kepada guru dan orangtua/wali, sebagai bekal mereka dalam melakukan motivasi kepada siswa yang bersangkutan.

  1. Dilihat dari sisi tujuan menyampaikan materi ajar, maka strategi menyampaikannya dibagi menjadi 3:
ü  Cukup diketahui saja, yaitu materi ajar yang tidak langsung berhubungan dengan kehidupan, seperti: materi ajar yang ada dalam pelajaran IPS tentang sejarah kerajaan-kerajaan di nusantara, dll
ü  Untuk diketahui dan dipahami, yaitu materi ajar yang berhubungan dengan kehidupan, seperti: materi trigonometri, logaritma dalam pelajaran MATEMATIKA, DLL
ü  Untuk iketahui, dipahami dan diamalkan, yaitu materi-materi yang berkaitan dengan hukum-hukum Islam, seperti: materi sholat, puasa, wudhu, akhlak, dll dalam pelajaran PAI

  1. Dilihat dari sisi menyampaikan isi materi, maka strategi menyampaikannya dibagi menjadi 3:
ü  Diajarkan apa adanya dan diperluas isinya, yaitu materi-materi dengan hukum Islam.
ü  Diajarkan apa adanya dan tidak diperluas, yaitu materi-materi yang tidak bertentangan dengan hukum Islam.
ü  Diajarkan apa adanya dan dikoreksi kekeliruannya,yaitu materi-materi yang bertentangan dengan ajaran Islam.

  1. Dilihat dari sisi pengamalan materi ajar, maka strategi menyampaikannya dibagi menjadi 2 sistem:
ü Sistem classical/ta'limiyah (1 kelas maksimum 20 orang ditangani oleh 2 orang guru, yaitu guru utama dan guru bantu), yaitu untuk materi-materi yang targetnya hanya untuk diketahui dan dipahami saja)
ü Sistem tarbiyah/halqah (1 kelompok maksimum 10 orang, ditangani oleh 1 orang guru yang latarbelakang madzhab/harokinya sama dengan mdzhab/haroki orangtuanya), yaitu untuk materi-materi keIslaman, dimana target penyampaian materinya tidak hanya untuk diketahui dan dipahami, tetapi juga harus diamalkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar