Sabtu, 04 Oktober 2014

KISI-KISI UTS GANJIL KELAS 2 SDIT AL MUSTANIR, TAHUN AJARAN 2013-2014

KISI-KISI ULANGAN TENGAH SEMESTER 1 KELAS 2

SDIT AL MUSTANIR, TAHUN AJARAN 2013-2014


A.      TAHFIDZ QUR’AN
Surat Yasin ayat 1 sampai dengan ayat 37

B.      TAHFIDZ HADITS
Hadits keridhaan orang tua dan hadits islam dibangun di atas 5 perkara

C.      FIKIH
1.       Syarat wajib shalat adalah segala sesuatu yang jika setelah dipenuhi, maka membuat seseorang menjadi wajib shalat.
2.       Syarat wajib shalat ada 4, yaitu: beragama islam, baligh, dan berakal sehat
3.       Baligh artinya dewasa
4.       Anak kecil yang belum baligh belum wajib shalat, tetapi wajib untuk belajar shalat dan wajib belajar terbiasa mengerjakan shalat
5.       Orang gila tidak wajib shalat sampai dia sembuh dari gilanya
6.       Orang mabuk tidak wajib shalat sampai dia sadar dari mabuknya
7.       Syarat sah shalat, adalah apa-apa yang harus dipenuhi sebelum kita mengerjakan shalat. Jika hal-hal tersebut tidak terpenuhi, maka shalat kita tidak sah
8.       Syarat san shalat ada 5, yaitu:
a.       Suci dari hadats
b.      Suci dari najis, seluruh anggota badan, pakaian dan tempat shalat
c.       Menutup aurat
d.      Telah masuk waktu shalat
e.      Menghadap kiblat
9.       Mensucikan diri dari hadats kecil kita lakukan dengan berwudhu
10.   Jika kita berhadats  kecil seperti  pipis, buang angin (kentut) dan buang air besar, maka kita harus berwudhu
11.   Shalat kita tidak sah jika ada sisa air pipis di celana kita, atau jika kita cebok kurang bersih, atau ada air pipis, atau muntah di sajadah atau di pakaian kita
12.   Aurat wanita adalah seluruh tubuh, kecuali muka dan telapak tangan. Jadi shalat wanita tetap sah jika mukanya atau telapak tangan nya terlihat
13.   Aurat laki-laki adalah dari pusar sampai lutut
14.   Rukun shalat adalah segala- sesuatu yang harus dilakukan saat shalat. Jika hal-hal ini tidak dilakukan, maka shalat kita tidak sah
15.   Rukun shalat ada 13, yaitu:
a.       berdiri tegak
b.      niat
c.       takbiratul ihram
d.      membaca surat al fatihah
e.      rukuk dengan tuma’ninah
f.        I’tidal dengan tuma’ninah
g.       Sujud 2 kali dengan tuma’ninah
h.      Duduk antara 2 sujud dengan tuma;ninah
i.         Duduk tasyahud dengan tuma’ninah
j.        Membaca doa tasyahud
k.       Membaca shalat kepada nabi
l.         Membaca salam
m.    Tertib
16.   Bacaan takbiratul ihram adalah Allahu Akbar
17.   Tuma’ninah artinya berhenti sebentar dengan tenang
18.   Bacaan I’tidal adalah sami Allahu li man hamidah
19.   Bacaan tasyahud adalah attahiyyatul mubaarokatus….dan seterusnya
20.   Bacaan shalat kepada nabi adalah Allahumma shalli ‘alaa Muhammad …..dan seterusnya
21.   Tertib artinya semua rukun dilakukan dengan urutan yang benar
22.   Tolong dipelajari dan dihafalkan uji kompetensi buku paket halaman

D.      AKIDAH AKHLAK
1.       kalimat thayyibah artinya kalimat atau ucapan yang baik
2.       membaca kalimat thayyibah adalah perbuatan yang berpahala
3.       contoh kalimat thayyibah adalah hamdalah/tahmid
4.       bacaan hamdalah adalah alhamdulillahi rabbil ‘aalamiin, yang artinya segala puji bagi Allah, tuhan semesta alam
5.       hamdalah terutama kita lakukan saat bersyukur, berdzikir, berdo’a, dan setelah kita melakukan perbuatan-perbuatan yang baik.
6.       Kalimat hamdalah ada pada surat Al Fatihah
7.       As’maul husna artinya nama-nama Allah yang baik
8.       Asma’ul husna berjumlah 99, diantaranya Ar Razzaq, Al Mugni, Al Hamid dan Asy Syakur
9.       Ar Razzaq artinya Allah Maha Pemberi Rezeki, Al Mugni artinya Allah Maha Pemberi Kekayaan, l Hamid artinya Allah Maha Terpuji dan Asy Syakur artinya Allah Maha Mensyukuri
10.   Tolong dipelajari dan dihafalkan uji kompetensi buku paket  halaman 5, 6, 12 dan 13

E.       PENDIDIKAN KEWARGA NEGARAAN
Tentang hidup rukun, tolong dipelajari uji kemampuan buku paket halaman 20, 21 dan 22

F.       ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
1.       Kepanjangan dari KK adalah Kartu Keluarga
2.       Kepanjangan dari KTP adalah Kartu Tanda Penduduk
3.       Kepanjangan dari SIM adalah Surat Izin Mengemudi
4.       Kepanjangan dari STNK adalah Surat Tanda Nomor Kendaraan
5.       Dokumen yang berisi status kelahiran seseorang adalah Akta Lahir
6.       Dokumen yang memuat identitas semua anggota keluarga adalah Kartu Keluarga
7.       Kita boleh mengemudikan motor jika kita memiliki  SIM
8.       Dokumen yang memuat nilai hasil belajar siswa adalah Rapor
9.       Contoh lain dokumen adalah kartu berobat, dokumen – dokumen harus disimpan dan dirawat dengan baik

G.     ILMU PENGETAHUAN ALAM
1.       Bagian tubuh ikan ditutup oleh sisik
2.       Ikan bergerak dengan cara berenang
3.       Ikan berenang menggunaka siripnya
4.       Ikan bernafas menggunakan insangnya
5.       Ikan membelokkan arah berenang mengunakan ekornya
6.       Daging merah di bagian atas dan bawah kepala ayam disebut jengger
7.       Gajah bergerak dengan cara berjalan
8.       Belalai gajah berguna untuk mengambil makanan dan minum
9.       Alat pertahanan diri (untuk melawan musuh) pada gajah berupa gading
10.   Alat pertahanan diri pada kambing berupa tanduk
11.   Bagian tubuh kambing ditutup oleh bulu
12.   Harimau cheetah bergerak dengan cara berlari
13.   Cicak, buaya, kadal  bergerak dengan merayap
14.   Katak, kelinci  bergerak dengan cara melompat
15.   Ular, cacing  bergerak dengan cara melata
16.   Burung, kupu-kupu bergerak dengan cara terbang
17.   Bagian utama tumbuhan adalah akar, batang, daun, bunga dan buah

H.     MATEMATIKA
1.       185 lebih dari 158 atau ditulis 185 > 158
2.       37 kurang dari 73 atau ditulis 37 < 73
3.       660 dibaca enam ratus enam puluh
4.       678 dibaca enam ratus tujuh puluh delapan
5.       603 dibaca enam ratus tiga
6.       615 dibaca enam ratus lima belas
7.       Tulislah angka enam ratus tiga puluh
8.       Tulislah angka tujuh ratus delapan puluh sembilah
9.       Tulislah angka tiga ratus enam
10.   Tulislah angka lima ratus dua belas
11.   Mengurutkan dari yang terbesar dan dari yang terkecil
12.   Urutan bilangan loncat 3 misalnya 3, 6, 9,12,….dan seterusnya
10.   546 = 5 ratusan + 4 puluhan + 6 satuan
11.   546 = 500 +40 +6
12.   Pada angka 678, angka yang menempati puluhan adalah angka 7
13.   Pada angka 790, angka yang menempati satuan adalah angka 0
14.   Pada angka 615, angka yang menempati ratusan adalah angka 6

I.        BAHASA INDONESIA
1.       Mengenal nama-nama suara hewah (kuda meringkik, harimau mengaum, kambing mengembik, ular mendesis, kucing mengeong, ayam berkotek, tikus mencicit
2.       Cacing dan  bergerak dengan melata, yaitu bergerak menggunakan perut
3.       Menyebutkan cirri-ciri hewan dan tumbuhan
4.       Mampu mengenal dan menuliskan huruf kapital
5.       Huruf kapital digunakan di awal kalimat dan menyebutkan nama (nama manusia, tempat maupun hewan)
6.       Tanda titik digunakan di akhir kalimat

J.        BAHASA INGGRIS
1.       KOSA KATA         number = angka, 1=one , 2=two,  3=three,  4=four, 5=Five, 6= six, 7=seven,  8=eight,   9=nine,                   10=ten,  11=twelve,  12=eleven,  13=thirteen, 14= fourteen, 15= fifteen,              16=sixteen,                                        17=seventeen, 18=eighteen,    19=nineteen,     20= twenty
2.       PERCAKAPAN
A : What is four and three ? (berapakah empat ditambah tiga?)
B : It is seven (hasilnya tujuh)
3.       KOSA KATA         fruit = buah        apple = apel       coconut = kelapa              orange = jeruk
Lemon = jeruk nipis                        papaya = pepaya              mango=mangga
Guava = jambu biji                          avocado = alpukat           melon = melon
Banana = pisang                               zalacca = salak                   durian = durian
4.       GRAMMAR        
-          Jika huruf awal kata adalah huruf vokal, maka kata mendapat awalan an, contohnya an  apple, an orange, an eagle
-          Jika huruf awal kata bukan huruf vokal maka kata mendapat awalan a, contohnya a guava, a banana, a melon
-          Jika benda berjumlah 1 maka menggunakan to be is, contohnya there is a melon, atau there is one melon
-          Jika benda lebih dari satu, maka menggunakan tobe are, dan akhir nama benda mendapat tambahan huruf s, contohnya there are melons

5.       KOSA KATA         vegetable = sayuran       cauliflower = kembang kol           chilli = cabe
Carrot = wortel                 potato = kentang                             onion = bawang
Cabbage = kol                    cucumber = mentimun                  tomato = tomat
Pumpkin = labu                 leek = bawang daun

Bentuk soal : writing and reading (berupa pilihan ganda danmengisi titik-titik),  litsening dan speaking

K.      BAHASA ARAB

PERCAKAPAN
A : اَهْلًاوَسَهْلً (Selamat datang)

B : اَهْلًابِكَ (selamat datang juga)

A : صَبَاحَ الْخَيْرِ(selamat pagi)

B : صَبَاحَ البُّوْرِ(selamat pagi juga)

A : نَهَارُكَ سَعِيْدٌ(selamat siang)

B :  مُبَارَكٌ   سَعِيْدٌ (selamat siang juga)

A :  ؟ أَنْتِ  أَنَازَيْنَبٌ مَنْ(saya zainab, siapa namamu? (untuk perempuan))

B : أَنَاحَلِيْمَةُ (saya halimah)

A : ؟  أَنْتَ  أَنَازَيْنَبٌ مَنْ(saya zainab, siapa namamu? (untuk laki-laki))

 B : اَنَا حَسَنٌ  (saya hasan) 
   (dari mana asal mu?)  مِنْ اَيْنَ اَنْتَ ؟     A :
B : Bogor اَنَا مِنْ (saya dari bogor)

A :  اِسْمُكَ مَا (siapa namamu ? (untuk laki-laki))

B :  حَسَن  اِسْمِيْ (nama saya hasan)

A : اِسْمُكِ مَا (siapa namamu? (untuk perempuan))
   
B : اِسْمِيْ لَطِيْفَةُ (nama saya latifah)

A : اِسْمُهُ مَا (siapa namanya? Untuk laki-laki))

B : حَسَنٌ  اِسْمُهُ (namanya hasan)

A : اِسْمُهَا مَا (siapa namanya? Untuk perempuan)

B : حَلِيْمَةُ اِسْمُهَا (namanya halimah)


     PENGGUNAAN   هَذَا (ini)  DAN هَذِهِ(ini) 
هَذِهِ   digunakan untuk kata-kata yang berakhiran ةٌ (misalnya جَبْهَةٌ (kening)) dan benda-benda yang jumlahnya dua/berpasangan (misalnya عَيْنٌ (mata))
Jika kata-kata tidak termasuk kedalam dua kelompok di atas, maka menggunakan هَذَا
     KOSA KATA
Kepala         rambut            kening wajah              pipi                  mata   
Telinga        hidung mulut               bibir                 tangan kaki

L.       BAHASA SUNDA
1.       Kosakata Nataan Tata Tertib di Sakola (buku paket halaman 5)
2.       Kosakata nyocogkeun (buku paket halaman 6). Dan nyocogkeun gambar (buku paket halaman 8 dan 9)
3.       Menyusun kata menjadi kalimat (contoh di buku paket halaman 17)
4.       Percakapan wawanohan (perkenalan)
5.       Penulisan huruf besar
6.       Penggunaan huruf besar diantaranya di awal kalimat, dan penulisan nama (orang, tempat, hari)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar