KISI-KISI
ULANGAN TENGAH SEMESTER 1 KELAS 2
SDIT AL
MUSTANIR, TAHUN AJARAN 2013-2014
A.
TAHFIDZ QUR’AN
Surat Yasin ayat 1 sampai dengan ayat 37
B.
TAHFIDZ HADITS
Hadits keridhaan orang tua dan hadits islam dibangun di atas 5 perkara
C.
FIKIH
1.
Syarat wajib shalat adalah
segala sesuatu yang jika setelah dipenuhi, maka membuat seseorang menjadi wajib
shalat.
2.
Syarat wajib shalat ada 4,
yaitu: beragama islam, baligh, dan berakal sehat
3.
Baligh artinya dewasa
4.
Anak kecil yang belum
baligh belum wajib shalat, tetapi wajib untuk belajar shalat dan wajib belajar
terbiasa mengerjakan shalat
5.
Orang gila tidak wajib
shalat sampai dia sembuh dari gilanya
6.
Orang mabuk tidak wajib
shalat sampai dia sadar dari mabuknya
7.
Syarat sah shalat, adalah
apa-apa yang harus dipenuhi sebelum kita mengerjakan shalat. Jika hal-hal
tersebut tidak terpenuhi, maka shalat kita tidak sah
8.
Syarat san shalat ada 5,
yaitu:
a.
Suci dari hadats
b.
Suci dari najis, seluruh
anggota badan, pakaian dan tempat shalat
c.
Menutup aurat
d.
Telah masuk waktu shalat
e.
Menghadap kiblat
9.
Mensucikan diri dari hadats
kecil kita lakukan dengan berwudhu
10.
Jika kita berhadats kecil seperti
pipis, buang angin (kentut) dan buang air besar, maka kita harus
berwudhu
11.
Shalat kita tidak sah jika
ada sisa air pipis di celana kita, atau jika kita cebok kurang bersih, atau ada
air pipis, atau muntah di sajadah atau di pakaian kita
12.
Aurat wanita adalah seluruh
tubuh, kecuali muka dan telapak tangan. Jadi shalat wanita tetap sah jika
mukanya atau telapak tangan nya terlihat
13.
Aurat laki-laki adalah dari
pusar sampai lutut
14.
Rukun shalat adalah segala-
sesuatu yang harus dilakukan saat shalat. Jika hal-hal ini tidak dilakukan,
maka shalat kita tidak sah
15.
Rukun shalat ada 13, yaitu:
a.
berdiri tegak
b.
niat
c.
takbiratul ihram
d.
membaca surat al fatihah
e.
rukuk dengan tuma’ninah
f.
I’tidal dengan tuma’ninah
g.
Sujud 2 kali dengan
tuma’ninah
h.
Duduk antara 2 sujud dengan
tuma;ninah
i.
Duduk tasyahud dengan
tuma’ninah
j.
Membaca doa tasyahud
k.
Membaca shalat kepada nabi
l.
Membaca salam
m.
Tertib
16.
Bacaan takbiratul ihram
adalah Allahu Akbar
17.
Tuma’ninah artinya berhenti
sebentar dengan tenang
18.
Bacaan I’tidal adalah sami
Allahu li man hamidah
19.
Bacaan tasyahud adalah
attahiyyatul mubaarokatus….dan seterusnya
20.
Bacaan shalat kepada nabi
adalah Allahumma shalli ‘alaa Muhammad …..dan seterusnya
21.
Tertib artinya semua rukun
dilakukan dengan urutan yang benar
22.
Tolong dipelajari dan
dihafalkan uji kompetensi buku paket halaman
D.
AKIDAH AKHLAK
1.
kalimat thayyibah artinya
kalimat atau ucapan yang baik
2.
membaca kalimat thayyibah
adalah perbuatan yang berpahala
3.
contoh kalimat thayyibah
adalah hamdalah/tahmid
4.
bacaan hamdalah adalah
alhamdulillahi rabbil ‘aalamiin, yang artinya segala puji bagi Allah, tuhan
semesta alam
5.
hamdalah terutama kita
lakukan saat bersyukur, berdzikir, berdo’a, dan setelah kita melakukan
perbuatan-perbuatan yang baik.
6.
Kalimat hamdalah ada pada
surat Al Fatihah
7.
As’maul husna artinya
nama-nama Allah yang baik
8.
Asma’ul husna berjumlah 99,
diantaranya Ar Razzaq, Al Mugni, Al Hamid dan Asy Syakur
9.
Ar Razzaq artinya Allah
Maha Pemberi Rezeki, Al Mugni artinya Allah Maha Pemberi Kekayaan, l Hamid
artinya Allah Maha Terpuji dan Asy Syakur artinya Allah Maha Mensyukuri
10.
Tolong dipelajari dan
dihafalkan uji kompetensi buku paket halaman 5, 6, 12 dan 13
E. PENDIDIKAN KEWARGA NEGARAAN
Tentang hidup rukun, tolong dipelajari uji kemampuan buku
paket halaman 20, 21 dan 22
F. ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
1.
Kepanjangan dari KK adalah Kartu
Keluarga
2.
Kepanjangan dari KTP adalah
Kartu Tanda Penduduk
3.
Kepanjangan dari SIM adalah
Surat Izin Mengemudi
4.
Kepanjangan dari STNK
adalah Surat Tanda Nomor Kendaraan
5.
Dokumen yang berisi status
kelahiran seseorang adalah Akta Lahir
6.
Dokumen yang memuat
identitas semua anggota keluarga adalah Kartu Keluarga
7.
Kita boleh mengemudikan motor
jika kita memiliki SIM
8.
Dokumen yang memuat nilai
hasil belajar siswa adalah Rapor
9.
Contoh lain dokumen adalah
kartu berobat, dokumen – dokumen harus disimpan dan dirawat dengan baik
G.
ILMU PENGETAHUAN
ALAM
1.
Bagian tubuh ikan ditutup
oleh sisik
2.
Ikan bergerak dengan cara
berenang
3.
Ikan berenang menggunaka
siripnya
4.
Ikan bernafas menggunakan
insangnya
5.
Ikan membelokkan arah
berenang mengunakan ekornya
6.
Daging merah di bagian atas
dan bawah kepala ayam disebut jengger
7.
Gajah bergerak dengan cara
berjalan
8.
Belalai gajah berguna untuk
mengambil makanan dan minum
9.
Alat pertahanan diri (untuk
melawan musuh) pada gajah berupa gading
10.
Alat pertahanan diri pada
kambing berupa tanduk
11.
Bagian tubuh kambing
ditutup oleh bulu
12.
Harimau cheetah bergerak
dengan cara berlari
13.
Cicak, buaya, kadal bergerak dengan merayap
14.
Katak, kelinci bergerak dengan cara melompat
15.
Ular, cacing bergerak dengan cara melata
16.
Burung, kupu-kupu bergerak
dengan cara terbang
17.
Bagian utama tumbuhan
adalah akar, batang, daun, bunga dan buah
H.
MATEMATIKA
1.
185 lebih dari 158 atau
ditulis 185 > 158
2.
37 kurang dari 73 atau
ditulis 37 < 73
3.
660 dibaca enam ratus enam
puluh
4.
678 dibaca enam ratus tujuh
puluh delapan
5.
603 dibaca enam ratus tiga
6.
615 dibaca enam ratus lima
belas
7.
Tulislah angka enam ratus
tiga puluh
8.
Tulislah angka tujuh ratus
delapan puluh sembilah
9.
Tulislah angka tiga ratus
enam
10.
Tulislah angka lima ratus
dua belas
11.
Mengurutkan dari yang
terbesar dan dari yang terkecil
12.
Urutan bilangan loncat 3
misalnya 3, 6, 9,12,….dan seterusnya
10.
546 = 5 ratusan + 4 puluhan
+ 6 satuan
11.
546 = 500 +40 +6
12.
Pada angka 678, angka yang
menempati puluhan adalah angka 7
13.
Pada angka 790, angka yang
menempati satuan adalah angka 0
14.
Pada angka 615, angka yang
menempati ratusan adalah angka 6
I.
BAHASA INDONESIA
1.
Mengenal nama-nama suara
hewah (kuda meringkik, harimau mengaum, kambing mengembik, ular mendesis,
kucing mengeong, ayam berkotek, tikus mencicit
2.
Cacing dan bergerak dengan melata, yaitu bergerak
menggunakan perut
3.
Menyebutkan cirri-ciri
hewan dan tumbuhan
4.
Mampu mengenal dan
menuliskan huruf kapital
5.
Huruf kapital digunakan di
awal kalimat dan menyebutkan nama (nama manusia, tempat maupun hewan)
6.
Tanda titik digunakan di
akhir kalimat
J.
BAHASA INGGRIS
1.
KOSA KATA number = angka, 1=one , 2=two, 3=three,
4=four, 5=Five, 6= six, 7=seven, 8=eight,
9=nine, 10=ten, 11=twelve,
12=eleven, 13=thirteen, 14= fourteen, 15= fifteen, 16=sixteen, 17=seventeen, 18=eighteen, 19=nineteen, 20= twenty
2.
PERCAKAPAN
A : What is four and three ? (berapakah empat ditambah tiga?)
B : It is seven (hasilnya tujuh)
3.
KOSA KATA fruit = buah apple = apel coconut
= kelapa orange = jeruk
Lemon = jeruk
nipis papaya =
pepaya mango=mangga
Guava = jambu
biji avocado =
alpukat melon = melon
Banana = pisang zalacca = salak durian = durian
4.
GRAMMAR
-
Jika huruf awal kata adalah huruf vokal, maka kata
mendapat awalan an, contohnya an
apple, an orange, an eagle
-
Jika huruf awal kata bukan huruf vokal maka kata
mendapat awalan a, contohnya a guava, a banana, a melon
-
Jika benda berjumlah 1 maka menggunakan to be is,
contohnya there is a melon, atau there is one melon
-
Jika benda lebih dari satu, maka menggunakan tobe are,
dan akhir nama benda mendapat tambahan huruf s, contohnya there are
melons
5.
KOSA KATA vegetable
= sayuran cauliflower = kembang kol chilli = cabe
Carrot = wortel potato = kentang onion = bawang
Cabbage = kol cucumber = mentimun tomato = tomat
Pumpkin = labu leek = bawang daun
Bentuk soal : writing and reading (berupa pilihan ganda danmengisi
titik-titik), litsening dan speaking
K.
BAHASA ARAB
PERCAKAPAN
A : اَهْلًاوَسَهْلً (Selamat datang)
B : اَهْلًابِكَ (selamat datang juga)
A :
صَبَاحَ الْخَيْرِ(selamat pagi)
B :
صَبَاحَ البُّوْرِ(selamat pagi juga)
A :
نَهَارُكَ سَعِيْدٌ(selamat siang)
B : مُبَارَكٌ سَعِيْدٌ (selamat siang juga)
A : ؟ أَنْتِ أَنَازَيْنَبٌ
مَنْ(saya
zainab, siapa namamu? (untuk perempuan))
B : أَنَاحَلِيْمَةُ (saya halimah)
A : ؟ أَنْتَ
أَنَازَيْنَبٌ مَنْ(saya zainab, siapa namamu?
(untuk laki-laki))
B : اَنَا حَسَنٌ (saya
hasan)
(dari mana asal mu?) مِنْ
اَيْنَ اَنْتَ ؟ A :
B : Bogor اَنَا مِنْ (saya dari bogor)
A :
اِسْمُكَ
مَا (siapa
namamu ? (untuk laki-laki))
B : حَسَن اِسْمِيْ (nama saya hasan)
A : اِسْمُكِ
مَا (siapa
namamu? (untuk perempuan))
B : اِسْمِيْ لَطِيْفَةُ (nama saya latifah)
A : اِسْمُهُ
مَا (siapa namanya?
Untuk laki-laki))
B : حَسَنٌ اِسْمُهُ (namanya hasan)
A : اِسْمُهَا مَا (siapa namanya? Untuk perempuan)
B : حَلِيْمَةُ اِسْمُهَا (namanya halimah)
PENGGUNAAN هَذَا (ini) DAN هَذِهِ(ini)
هَذِهِ digunakan untuk kata-kata yang berakhiran ةٌ (misalnya جَبْهَةٌ (kening))
dan benda-benda yang jumlahnya dua/berpasangan (misalnya عَيْنٌ (mata))
Jika
kata-kata tidak termasuk kedalam dua kelompok di atas, maka menggunakan هَذَا
KOSA KATA
Kepala rambut kening wajah pipi mata
Telinga hidung mulut bibir tangan kaki
L. BAHASA SUNDA
1.
Kosakata Nataan Tata Tertib
di Sakola (buku paket halaman 5)
2.
Kosakata nyocogkeun (buku
paket halaman 6). Dan nyocogkeun gambar (buku paket halaman 8 dan 9)
3.
Menyusun kata menjadi
kalimat (contoh di buku paket halaman 17)
4.
Percakapan wawanohan
(perkenalan)
5.
Penulisan huruf besar
6.
Penggunaan huruf besar
diantaranya di awal kalimat, dan penulisan nama (orang, tempat, hari)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar