Sabtu, 04 Oktober 2014

KISI-KISI UTS KELAS 1 SDIT AL-MUSTANIR TA 2014/2015

KISI-KISI ULANGAN TENGAH SEMESTER KELAS I (SATU) 
SD AL-MUSTANIR TAHUN AJARAN 2014-2015


1.       PELAJARAN AGAMA ISLAM
A.      AQIDAH.
·         Mengenal ALLAH SWT
Siswa dapat mengetahui siapa tuhannya , dengan sifat al-kholik (            )
Allah SWT menciptakan dirinya,orang tua pohon dll.
·         Allah menciptakan rasa pada buah, berbagai bentuk ,warna dll missal buah rambutan dengan kulit berwarna merah dan isi buah putih
·         Siswa dapat mengetahui bagaimana cara bersyukur dengan kasih sayang Allah SWT dengan cara beribadah dengan ikhlas kepadaNYA, berdoa, belajar dan berbakti pada orang tua
·         Siswa mampu mengetahui bahwa Allah menyayangi diranya karna itu ia harus juga menyayangi makhluk Allah seperti,tumbuhan hewan dan juga manusia. Diatara cara menyayangi sesame manusia dengan berbuat baik pada mereka  dan tidak saling mengganggu. Cara menyayangi binatang dengan tidak melukainya dan member makan , begitupula dengan tanaman dengan merawat nya menyiram dan memberi pupuk.
·         Siswa juga mampu mengetahui dan mempraktekan bagaimana cara menyayangi dirinya sendiri dengan senantiasa bersikap sopan dimanapun berada berkata jujur dan rajin.
·         Rukun iman
Siswa mampu menyebutkan 6 rukun iman: iman kepada Allah,malaikat,kitab-kitab,para Rosul ,hari kiamat dan juga takdir
·         Siswa juga mampu menyebutkan contoh dalam alam semesta ini yang menunjukkan bahwa Allah itu ada misalnya dengan adanya matahari yang bersinar,bulan yang bercahaya bahkan penciptaan manusia itu sendiri, tidak mungkin terjadi karena kebetulan saja pasti ada yang menciptakan.sebagaimana pensil untuk menulis pasti ada yang membuatnya.

B.      ADAB ISLAM.(SAMPAI HAL 15 SAJA)
·         Siswa mampu menyebutkan hal-hal yang dapat membuat rapih baik dirumah, dimasjid, dan disekolah.misalnya hal yang membuat rapih dirumah dengan menata mainannya , buku –buku dan tempat tidur.contoh hal yang membuat rapih dimasjid yaitu dengan dating lebih awal dan langsung menata saf dan tidak membuat keributan,dan contoh hal yang membuat rapih disekolah dengan duduk dengan rapi, berpakaian seragam sekolah dan tidak mencoret-coret meja atau benda-benda yang ada disekolah.
·         Siswa dapat menulis semboyan (                            )artinya rumahku adalah surgaku
·         Siswa dapat menghafal hadis tentang meluruskan saf yaitu(                         )
·         Siswa mampumenyebutkan siapa tuhannya ,Nabinya,agama,dan kitabnya.
·         Siswa mampu bersyahadat (                                                                               )yang artinya aku bersaksi tiada Tuhan selain Allah dan Nabi Muhamad adalah utusan Allah SWT.
·         Siswa mampu menyebutkan tertib ketika makan dengan cara mencuci tangan, membaca basmallah sebelum makan dan makan dengan tangan kanan juga tidak dengan berdiri.siswa mampu menyebutkan tertib ketika hendak tidur dengan membaca doa sebelum dan setelah bangun tidur.tidur dengan miring pada lambung kanan.dan bangun tidur dengan merapihkan kasur serta selimut.
·         Tertib ketika berangkat sekolah dengan memeriksa kembali buku pelaraan alat tulis dan berangkat dengan izin orang tua dan menyalami mereka sambil mengucapkan salam.

C.      FIQIH
·         Siswa dapat mengetahui definisi wudhu yaitu bersuci dari hadat kecil dengan air yang suci
·         Siswa dapat menyebutkan contoh hadas kecil seperti air kencing,kentut
·         Siswa dapat mngetahui air yang boleh dipakai bersuci  seperti air hujan,sumur,salju. dan air yang tidak  boleh dipakai bersuci yaitu air yang tercampur najis dan juga air yang telah beruba  bau rasa dan warnanya seperti air kopi, air the dll.
·         Siswa dapat menyebutkan tata cara berwudhu dari awal hingga akhir seperti dengan niat dan membaca bismillah,mencuci tangan , berkumur-kumur dan memasukkan air kehidung,membasuh muka dan lengan sampai sikusebanyak 3 kali. Selanjutnya mengusap kepala dimulai dari bagian depan hingga belakang dan kembalilagi kedepan langsung ketelinga hanya sekkali saja, kemudian mencuci kalidan berdoa juga dengan tertib.

D.      BAHASA ARAB.
·         Penulisan huruf hijaiyyah yang benar dari alif-sampai shod
·         Kosa kata(mufrodat)anggota tubuh
seperti:ainun artinya mata, ro’sun artinya kkepala, syakrun artinya rambut,udzunun artinya telinga,fammun artinya mulut,anfun artinya hidung.
·         Perkenalan dengan bahsa arab.
Missal dira:Assalamualaikum
Naila: waalaikum salam
Dira : kaifa haluk (                             )
Naila: ana bikhairin (                        )
·          
E.       TAHFID HADIS.
a.       Hadis tentang larangan marah: “ la taghdob walakal jannah” artinya janganlah kamu marah maka surga untukmu.
Maksudnya larangan kepada seorang mukmin untuk  marah terhadap hal-hal yang berkaitan dengan keduniaaan yang sepele.tapi kita harus marah ketika hokum Allah dilanggar.
b.      Hadis tentang berkata yang baik.”kul khairon au liyasmut”.artinya berkatalah yang baik atau diam.
c.       Maksudnya perintah untuk senantiasa menjaga lidah atau ucapan untuk slalu mengeluarkan kata-kata yang baik atau lebih baik kita diam dari pada berbicara yang tidak bermanfaat.karena diam itu emas.

F.       TAHFIDZ AL-QUR’AN.
Mulai dari surah al-fatiha sampai dengan surah al-bayyinah.

G.     PRAKTEK SHALAT.
Mulai dari takbiratul-ikhram sampai salam.dari gerakan yang benar menurut sunnah rasulullah SAW
H.      DOA-DOA
·         DOA untuk kebaikan dunia dan akhirat”robbana atina fiddunya hasanah wa fil akhiroti hasanah wakina adzabannar”
·         Doa untuk kedua orang tua”Allahummaghfirli waliwalidaiya warhamhuma kama robbayani soghiro’
·         Doa menjelang pagi.: Allahumma bika asbahna wabika amsaina wabika nahya wabika namutu wailaikannusyur.
·         Disunnahkan hafal sayyidul istighfar.:allahumma anta robii lalilahailla anta kholaktani waana abduka waana ala ahdika wawa’dika mastathoktu audzubika min syarrima sona’tu abuulaka binikmatika alaiya waabuu bidzanbi faghfirliy fainnahu la yaghfiru dzunuba illa anta.
I.        TEMATIK
·         Sub tema aku dan teman baruku
Siswa dapat menulis nama,dan memperkenalkan diri seperti  namaku lani aku kelas satu.siswa dapat berhitung jumlah teman
·         Tubuhku
Siswa dapat menulis anggota tubuh seperti kakki mulut perut dll dan dapat mengetahui fungsinya seperti mata untuk melihat lidah untuk merasa manis asin dan pahit dll.
·         aku merawat tubuhku
·         siswa dapat mengetahui cara merawat tubuh dengan gosok gigi, mandi berolah raga dll,
·         dapat mengetahui alat-alat yang dipakai untuk merawat tubuh seperti sisir untuk merapihkan rambut sampo untuk membersihkan rambut
·         aku istimewa
siswa dapat mengetahui dan menulis warna kesukkaanya,buah kesukaanya .siswa dapat mengetahui bahwa setiap orang berbeda dan memiliki keistimewaan sendiri.meskipun berbeda kita tetap harus saling menyayangi.diantara perbedaan adalah perbedaan agama, suku,Negara cita-cita dll.

PELAJARAN BAHASA INGGRIS
1.       KOSA KATA (Apple = apel, book = buku, cow = sapi, door = pintu, eagle = elang, fish = ikan)
2.       KOSA KATA (morning = pagi, afternoon = siang, evening = malam, good morning = selamat pagi, good afternoon = selamat siang, good evening = selamat malam)
3.       PERCAKAPAN
A : Assalamu’alaikum, good morning
B : wa’alaikumsalam, good morning
A : How are you ?
B : I am fine, thank you
A : My name is Wati, what is your name?
B : My name is Wita
4.       Alfabet : a, b, c, d, e, dan f

Tidak ada komentar:

Posting Komentar